Alasan Steve Jobs Tidak Adanya FLASH Pada iPhone

   Hubungan Apple dengan Adobe memang sudah lama tidak teralubaik, di awali dengan penolakan Apple mendukung adanya Flash pada produk mereke, iPhone.Pada 2010 ketika menulis alasan produk mobile Apple, termasuk iPhone, iPod Touch dan iPad tidak mednukung adanya Flash pada produk mereka.

Tulisan tersebut berjudul 'Pendapat soal Flash" dengan bobot hampir 1.700 kata. Di tulisan tersebut Steve Jobs menjelaska  secara rinci alasan Apple mengabaikan keberadaan Flash, langkah yang dilakukan dan bagian relevan dari teknologi perangkat lunak.

Salah satu alasan Jobs "menghilangkan" fitur Flash pada iPhone dalah melihat "masalah" Flash yang ada pada Android.Pabrikan yang berlokasi di Cupertino itu tidak ingin iPhone mengalami "masalah" yang dianggap seperti "wabah".

Hal ini diperkuat dari serangkaian kicauan Bob Burrough, Manager Pengembangan Perangkat Lunak Apple.
"Apple pada satu titik benar-benar menguji Flash pada iPhone sejak 2008", tulisnya.

Burrough juga mungungkapkan bahwa penolakan keras Kobs mendukung teknologi mungkin terkait mempertimbangkan "kurangnya" keamanan.Terlebih lagi, fakta bahwa Adobe sebagai mitra, tidak dapat diandalkan untuk masalah keamanan.
Pada akun pribadinya @bob_burrough, dia membombardir serangkaian tweet yang membuat kita menarik kesimpulan cara berfikir Jobs pada saat itu.

Menurut Burrough, Jobs jengkel CEO Adobe Shantanu Narayen tidak menerima panggilan telepon. Akibatnya, Jobs memiliki nol keyakinan bahwa Adobe akan mampu mengatasi apa yang dilaporkan dikategorikan Jobs sebagai masalah rekayasa belaka."Dia mengaku bahwa memperbaiki Bug dalam perangkat lunak yang hanya masalah teknik belaka.Namun, tanpa dialog terbuka dengan Adobe", tulisnya.

Bahkan, Burrough juga berkicau keraguan Jobs terhadap Flash. "Tidak bisa mengandalkan mereka melakukanya", ujarnya.

Sementara itu, tidak semua orang uang bekerja di Apple memiliki pola pikir seperti Burrough, yang menganggap Adobe sebagai "lawan".Tapi setidaknya buat pengguna iPhone sekarang bisa membedakan perangkat iPhone dengan Android.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments