Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak


JALANRAHASIA - Zaman sekarang pasti banyak orang yang memiliki yang namanya Memoy Card atau yang biasa di singkat MMC. Biasanya perangkat ini di gunakan untuk menambah kapasitas memory pada Handphone atau Smartphone agar dapat menyimpan data-data pribadi anda.
Kadang kita di buat kesal dikarenakan rusaknya MMC tersebut karena error atau tidak terbaca. Namun banyak dari kita yang membuang atau membiarkan begitu saja, walaupun sekarang harga MMC sangat murah.Terlebih jika itu berisi data berbentuk foto, video atau file musik di dalamnya.
Memang sih harga barangnya murah, tapi kenanganya itu lohhh yang mahalll!!!

Dibawah ini adalah beberapa cara yang biasanya bisa dipakai untuk memperbaiki kartu memory card anda yang rusak, baik memory dari Blackberry,Android,Kamera, ataupun Handycam.
Jika anda masih ingin menyelamatkan data-data anda, ikuti langkah-langkah berikut :

Cara pertama 

Matikan HP anda lalu lepas MMC dari HP anda, setelah itu gosok lempengan atau kuningan tembaga (tembaga berwarna kuning keemasan) menggunakan penghapus pensil secara perlahan hingga anda yakin telah bersih, dan usahakan jangan sampai kuningan itu tersentuh tangan kita karena itu dapat mengotorinya lagi.Setelah itu pasang kembali pada HP anda  dan apakah MMC anda sudah terdeteksi dan coba lihat data anda apakah masih utuh.
Jika cara pertama tidak berhasil, silahkan coba cara kedua di bawah ini

Cara kedua

Lakukan Erase SD Card pada menu Setting>Storage.Terkadang cara ini dapat menyebuh kan penyakit error atau tidak terbacanya MMC, tergantung jika rusak nya bukan rusak fisik lohh...
Setelah itu cek lagi apakah sudah terbaca. Jika masih tetap sama, coba cara berikut !

Cara ketiga

Hubungkan HP anda ke PC atau laptop dengan kabel data.Lalu yakinkan HP anda dalam keadaan Mass Storage mode, bukan Media Transfer Mode.
Masuk ke Windows Explorer lalu klik kanan pada MMC Hp kita, pilih Propeties>Tools, pada menu Error-Checking pilih Check Now dan centang semua pilihan lalu klik Start dan tunggu hingga selesai.Setelah itu eject drive, cabut kabel datanya dan masukan kembali pada HP anda dan coba teliti lagi apakah sudah terbaca atau belum.

Cara keempat

Jika ketiga cara di atas masih tidak berhasil umumnya akan ada pesan error pada saat membuka MMC anda pada Laptop. Jika pada Laptop atau PC terbaca dan keadaan baik-baik saja, namun pada HP anda tidak terdeteksi, coba anda buat Folder pada Laptop anda dan pindahkan semua data pada Folder tersebut. Folder ini berfungsi sebagai tempat menaruh file sementara anda.
Setelah itu format MMC anda, caranya sebagai berikut :
Klik kanan pada MMC anda lalu pilih Format, pilih atau centang pada pilihan FAT32 lalu klik Start dan tunggu hingga selesai.
Setelah itu pindah semua data yang telah anda backup pada folder yang tadi anda buat ke MMC anda lalu cobalah apakah sudah terbaca oleh HP anda.

Jika masih belum berhasil dan jika anda memiliki Card Reader anda bisa menggunakanya dan lakukan cara-cara di atas.

Semoga dengan cara-cara di atas dapat membantu memperbaiki Memory Card anda yang rusak.Jika ada pertanyaan silahkan anda berkomentar. Terimakasih Telah berkunjung !!!

Baca Juga :
Penyebab Memory Card Rusak
Alasan Kenapa Android Sering Macet dan Capat Panas
ATASI FILE YANG TERSEMBUNYI ATAU TER HIDDEN DI FLASHDISK ATAU MEMORY CARD


Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
January 31, 2017 at 6:45 AM ×

Patut dicoba gan ini karena banyak MMC saya rusak dan tidak bisa dipakai lagi

Reply
avatar
Vifablog
admin
January 31, 2017 at 6:51 AM ×

saya punya MC 8GB ,sama 4GB , keduanya rusak ,awal mulanya karena saya partisiin , di Format gabisa ,pake aplikasi format juga gabisa ,kira" yang ampuh apa ya ?

Reply
avatar
January 31, 2017 at 6:56 AM ×

agan udah coba pakai cara di atas ?

Reply
avatar
Unknown
admin
January 31, 2017 at 7:01 AM ×

Patut untuk dicoba gan karena ane udah banyak bngt pakai mmc rusak terus

Reply
avatar
January 31, 2017 at 7:14 AM ×

Salam kenal...tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/01/teman-terbaik-membidani-ekspresi-diri.html

Reply
avatar
January 31, 2017 at 7:15 AM ×

Salam kenal...tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/01/teman-terbaik-membidani-ekspresi-diri.html

Reply
avatar
Unknown
admin
January 31, 2017 at 7:20 AM ×

memori hp saya filenya ke hidden semua, itu gimana ya cara mengatasinya gan?

Reply
avatar
Koko Adezca
admin
January 31, 2017 at 7:36 AM ×

Ane coba dulu bray.. siapa tau bisa..

Reply
avatar
bambang
admin
January 31, 2017 at 8:11 AM ×

Thanks infonya, bisa dicoba nih.

Reply
avatar
Ikhwan F
admin
January 31, 2017 at 8:46 AM ×

Sering banget nih kejadian di memory card w

Reply
avatar
BeNk's
admin
January 31, 2017 at 9:43 AM ×

gudjob nais inpoh mantaaf

Reply
avatar
February 9, 2017 at 5:02 AM ×


Untuk File Yang Terhiden bisa pakai cara ini gan
http://jalanrahasiatekno.blogspot.co.id/2017/02/atasi-file-yang-tersembunyi-atau-ter.html

Reply
avatar